Membedah profesi sekretaris Professional

March 2-4, 2010 at Jogjakarta

Course Leader: Dr. Ayi Tejaningrum, M.Si.

 

Pendahuluan

Sekretais adalah profesi yang menuntut peran yang  lebih tinggi dari sekedar ”melayani”atasan.  Saat ini profesi sekretaris lebih diarahkan kedalam peningkatan peran daya dukung perusahaan untuk lebih mampu secara signifiknas bersaing dengan perusahaan lain. Deangan perannya itu,s eringkali para sekterais memiliki peran yang ”serabutan” Ia mengerjakan apa saja yang diminta oleh pimpinan, mulai dari pekerjaan yang ada hubungannya dengan fungsi dan tanggungjawab pimpinan samapai kedalam ”mengurus” kepentingan pribadi pimpinannya.

 

Secra konsep tual saat ini jabatan sekterais secara langsung bisa menjadi simbol dari kondisi perusahaan ketika berkomunikasi deang luar, hal ini tercermin karena banyaknya pekerjaan administrasi yang harus dipersiapakan oleh para sekretarsi terutama berhubungan dengan mitra-mitra perushaan.  Selain berhubungan dengan tugas administrasi, peran dan fungsi sekterais juga berhubungan dengan bagaimana berkomunikasi seacra verbal mapun non verbal dalam menjalankan tuagsnya sehari-hari. 

Kalau dulu sekretaris direktur hanya karena masalah gengsi sematan, sekarang lebih pada pertimbanagn rpoduktivitas, efisisnesi dan efektivitas. 

 

 

Maksud dan tujuan

·         Meningkatkan pemahaman peserta pelatihan akan peran dan fungsinya sebagai sekretaris yang profesional dan kompetensi yang harus dimilkinya.

·         Meningkatakn kemampuan sekterais dalm berkomunikasi baik secar verbal mapun non verbal

·         Meningkatkan kemampuan dalam tugas kesekretariatan, untuk mendukung pekerjaan pimpinan.

·         Meningaktkan kepribadian terutama dari penampilan, penjagaan emosi dan pengelolaan stress dalam pekerjaan.

 

Materi pelatihan

Hari kesatu : Fungsi dan peran, etika  dan seremonial management

Pada bagian ini akan disampaikan hal-hal yang berhubungan dengan tugas dan fungsi sekterias mulai dari : tugas kesektariatan, komunikasi di telphon, pengaturan jadwal pimpinan, Mempersiapkan perjalanna dinas, mengatur rapat, menjadi, membuat notulen rapat, etika berpakaian, etika berbicara di tlp, etika sopan santun berdasarkan norma agama, normal sosial dan norma hukum, menjadi MC

 

 


Hari kedua : filling system ( manajemen arsip)

Konsep arsif, definisi arsip, karakteristik arsip, standar kearsipan, tujuan pengarsipan, legalita arsip, istilah-istilah dalam arsip,manajemen dokumen, pase penciptaan arsip, pase penggunaan, pase penyusutan, pengarsipan dan pengideksan, sistem pengarsipan, klasifikasi, peralatan pengarsipan, peralatan penyimpan, pengoperasian sistem pengarsipan, pengarsipan tersentralisasi, indeks, Elektronic filling syatem , scaner, dokumen teks, dokumen tabel, dokumen image, Security, Backup and Recovery, and Copy,

 

Hari ketiga : Komunikasi Verbal dan non verbal

Peningakatan motivasi berprestasi Komunikasi  verbal dan Non verbal, konsep komunikasi, jenis komunikasi, komunikasi verbal dan non verbal dalam pergaulan sehari-hari, komunikasi verbal dan non verbal saat menerima tamu, sopan santun, tatakrama berpakaian, bersepatu, jalan kaki, duduk, rambu, kuku dll

 

Hari ke empat : Materi yang akan disampaikan Motivasi berprestasi

Menjadi pribadi yang cerdas dan unggul, Personaliy development berbasis kecerdasan emosi, Meningaktan kemampuan untuk berpikir positif, Etika pergaulan, Menjadi pribadi yang “aware”, pemaaf dan mampu memberikan “kebahagian” kepada siapapun.

 

Course Leader:

 

Dr. Ayi Tejaningrum, M.Si. adalah lulusan program Doktoral (S3) dari ITB, Bandung, Jurusan Teknik & Manajemen Industri. lebih dari 16 tahun (mulai tahun 1990) mengajar diperguruan tinggi (IKOPIN, STIE Ekuitas, Universitas Widyatama) dengan bidang kajian pada mata kuliah : Perilaku Organisasi, Perancangan produk, Manajemen Mutu, ISO 9000, Manajemen Bisnis, Statisiik, Teknik Proyeksi Bisnis, Ergonomi dan Teknik Tatacara Kerja, Manajemen Persediaan, Manajemen Produksi, Sistem Produksi, Pengenalan Bahan, Metode Kuantitatif, Analisis Data Survey, Statsitik, Pengantar aplikasi komputer dll.

 

Sejak Tahun 2000 sampai dengan sekarang aktif sebagai instruktur pelatihan bagi Karyawan PT. Pertamina (Persero), PT. PUSRI, Pupuk Kaltim, PT. Melamin, PT. Badak, PT. PLN (Persero), PT MEDCO E&P Indonesia, PT ARUN NGL. Dan pada berbagai jenis pelatihan khususnya bidang teknik dan manajemen industri. Sampai saat ini tercatat sudah lebih dari 170 kelas pelatihan pernah dilaksanakan dan bertindak sebagai instruktur utama.

 

General Information

Certificate of Appreciation

All attendees will receive a certificate of appreciation attesting to their participant in the training. This certificate will be providing in exchange for a completed training questionnaire.

 

Documentation & Dress Code

ü  Quality training material kits will be on registration, additional papers, & handouts assignment by TIM.

ü  Note-taking by participants is encourage. However, to ensure free and open discussions, no formal records will be kept.

ü  Casual clothing is recommended. The training atmosphere is informal.

 

Facilities

ü  Quality training material (hardcopy and softcopy)

ü  Quality training kits included calculator, T-shirt or jacket, cap, ect.

ü  Interactive presentation with discussion

ü  Convenient training facilities with five star quality

ü  Lunch per day

ü  Morning and afternoon coffee / tea breaks for along the training

ü  Certificate of Completion

ü  Local drop and pick up for arrival and departure between airports to hotel.

ü  Half day city tour at the end of training session following by dinner with entertainment (Optional)

ü  Exclusive flash disk.

 

Tuition Fee & Registration  Deadline

USD 917 ,-/ Person, discount 10 % if register three or more persons from one company.

Registration deadline a weeks before training held.

 

 Minimum Participant

This training will be conducted if we receive registration letter from 3 (three) participants (Minimum)



For further information and registration please contact:

Mohammad Ramli           +62 852 17900 824