persoalan hidup akan dihadapkan pada masalah benar dan salah. ketika kita benar maka kita akan berbangga karena kita telah melakukan sesuatu yang benar dan kita mendapat pujian atas kebenaran itu. namun bagaimana jika kesalahan yang menimpa apakah kita akan tetap berdiri tegap dan berkata dengan lantang bahwa saya salah??? dan saya pantas dihukum???? kebanyakan dari kita sering menyalahkan orang lain dan keadaan bahwa merekalah yang menyebabkan kita salah dengan bermagai macam alasan dan berusaha menyakinkan orang lain bahwa kita berada pada posisi yang benar. sehingga kita tetap mendapat prestasi bahwa kita tidak bersalah.
dalam kasus yang lebih besar seseorang akan menyewa tenaga ahli (pengacara) untuk memutar arah kesalahan tersebut supaya bisa berbelok pada orang lain dan si pelaku bisa melenggang dengan bebas. namun , jika terpaksa bersalah seseorang akan berusaha mencari teman bahwa yang salah bukan si pelaku sja tapi ada sederetan pelaku lain yang kemudian diajak agar tidak kesepian menemaninya dalam kesalahan.
semuga kita tidak termasuk golongan orang yang demikian. mari kita bangun kebenaran itu dari kita pribadi sehingga kita tidak takut apabila dipersalahkan karena kita melakukan yang benar.